Pengertian Faskes BPJS - Info ZF

Pengertian Faskes BPJS | Info ZF - Pada 1 Januari 2014, pemerintah meluncurkan program untuk membantu masyarakat dalam memiliki jaminan kesehatan sosial lewat BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial). Jika kamu baru terdaftar ataupun akan mendaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan.

Pengertian Faskes BPJS
Mungkin kamu akan cukup sering mendengar atau membaca faskes dalam proses pendaftaran menjadi peserta BPJS Kesehatan. Tidak perlu bingung, berikut akan dijelaskan mengenai pengertian faskes BPJS yang akan bisa membantumu dan memudahkan proses pendaftaran BPJS milikmu.

Faskes sebenarnya merupakan singkatan dari fasilitas kesehatan. Faskes ini bisa merupakan rumah sakit, klinik ataupun puskesmas yang menjadi pilihan kamu untuk berobat.

Pada umumnya, faskes ditentukan oleh peserta BPJS itu sendiri pada saat pendaftaran dan faskes ini akan tertera di kartu kepesertaan BPJS kesehatan milikmu sebagai faskes yang harus datangi terlebih dahulu jika sewaktu-waktu membutuhkan pengobatan ataupun membutuhkan rujukan.

Pada saat pendaftaran menjadi anggota BPJS,petugas BPJS akan memintamu menentukan faskes yang akan kamu pilih, dan biasanya kamu akan diarahkan untuk memilih faskes yang dekat dan terjangkau dari tempat tinggal milikmu, agar pengobatan atau pengambilan tindakan dapat dilakukan dengan mudah dan cepat jika sewaktu-waktu kamu membutuhkan pertolongan medis.

Tingkatan Pada Faskes BPJS Kesehatan

Agar lebih memahami pengertian faskes BPJS, faskes BPJS terbagi menjadi 3 tingkat. Setiap tingkatan faskes memiliki fungsi dan layanan yang berbeda. Beriku adalah perbedaanya:

1. Fasilitas kesehatan tingkat 1
Faskes tingkat 1 adalah faskes pertama yang harus kamu datangi saat kamu membutuhkan pengobatan atau pertolongan medis. Faskes ini biasanya faskes yang ada dekat dan terjangkau dari tempat tinggalmu yang kamu pilih saat mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS Kesehatan.

Saat kamu memilih faskes pada saat pendaftaran, secara otomatis namamu juga akan terdaftar di faskes pilihanmu tersebut. Faskes in dapat berupa puskemas, praktek dokter, klinik umum atau rumah sakit kelas D.

2. Fasilitas kesehatan tingkat 2
Faskes tingkat 2 adalah faskes yang akan kamu datangi apabila pengobatan atau tindakan medis untuk peserta BPJS tidak bisa dilakukan dan diselesaikan di faskes tingat 1.

Maka peserta BPJS akan mendapat rujukan dari faskes tingkat 1 untuk melanjutakn pengobatan ke faskes tingkat 2 yang bersifat spesialistik / subspesialistik dengan tindakan medis berupa rawat jalan ataupun rawat inap.

Faskes yang termasuk kedalam kategori ini adalah klinik spesialis, rumah sakit umum dan rumah sakit khusus. Semua tindakan yang dilakukan pada faskes tingkat 2 selalu berdasarkan rujukan dari faskes tingkat 1, kecuali pasien dalam kondisi gawat darurat medis.

Ditingkat ini diberlakukan sistem rujukan berjenjang, yaitu rujukan dari rumah sakit kelas D akan di rujuk ke RS kelas C. jika masih membutuhkan rujukan, dilanjutkan ke RS kelas B maka baru ke kelas A.

3. Fasilitas kesehatan tingkat 3
Faskes ini biasanya memiliki rumas sakit dengan kelas A. rumah sakit dengan keas ini merupakan rumah sakit yang terbaik dan memiliki sarana serta prasarana terlengkap. Faskes tingkat ini merupakan akhir dari rujukan pasien jika tidak bisa ditangani oleh faskes tingakat 1 dan 2 sebelumnya.

Itulah pengertian faskes BPJS yang dapat disimpulkan melalui fungsi dan perbedaan layanan yang diberikan masing-masing tingkat. Semoga dapat membantu untuk kamu yang mungkin akan mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Kesehatan dalam waktu dekat ini. Semoga bermanfaat.

Video Layanan BPJS Kesehatan



0 Response to "Pengertian Faskes BPJS - Info ZF"

Post a Comment